Kosmetik Halal dan Alami

Kosmetik Halal dan Alami 

Kosmetik halal dan alami biasanya menjadi perhatian umat Islam. Karena memang pemilihan kehalalan sutu barang menjadi kewajiban bagi seluruh umat Islam. Bagi umat Islam, ketika kita akan menggunakan suatu barang atau benda, tentu hal pertama kali harus diperhatikan adalah kehalalan barang tersebut. Karena umat Islam dituntut untuk hanya menggunakan barang yang di halalkan oleh hukum Islam saja. Termasuk ketika kita akan memakai kosmetik, tentunya kita harus memakai kosmetik yang halal. Selain kehalalan, kethayyiban suatu barang juga akan menjadi perhatian umat Islam. Dalam hal pemilihan kosmetik, kethayyiban kosmetik dapat dilihat dari bahan yang dikandungnya alami atau tidak. Kosmetik alami yang terbuat dari bahan-bahan yang alami lebih thayyib dari kosmetik yang terbuat dari bahan-bahan yang tidak alami karena yang tidak alami biasanya lebih memberikan efek yang berbahaya bagi tubuh manusia.

Untuk memahami apa yang disebut dengan kosmetik halal dan alami, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa yang disebut dengan kosmetik, apa yang disebut dengan kosmetik halal, dan apa yang disebut dengan kosmetik alami, sehingga kita bisa menyimpulkan apa yang disebut dengan kosmetik halal dan alami.

Apa itu kosmetik?

Menurut Hj. Yanti Kurnianti, Apt, MHKes. (radarsukabumi.com) selaku Kepala Seksi Farmasi, Makanan, Minuman dan Perbekalan Kesehatan Dinkes Kabupaten Sukabumi, Kosmetik adalah bahan atau sediaan yang dimaksudkan untuk digunakan pada bagian luar tubuh manusia (epidermis, rambut, kuku, bibir dan organ genital bagian luar) atau gigi dan mukosa mulut terutama untuk membersihkan, mewangikan, mengubah penampilan dan atau memperbaiki bau badan atau melindungi atau memelihara tubuh pada kondisi baik.

Apa itu kosmetik halal?

Kosmetik halal adalah kosmetik yang tidak mengandung bahan yang diharamkan menurut Islam serta proses pembuatannya sesuai dengan hukum Islam. Yang dimaksud dengan “tidak mengandung bahan yang diharamkan” disini mengikuti aturan atau hukum Islam tentang barang-barang yang diharamkan, seperti babi dan produk variannya, anjing dan produk variannya, khamar dan produk variannya, bangkai, darah, dan bahan lainnya yang diharamkan menurut hukum Islam.

Apa itu kosmetik alami?

Kosmetik alami  adalah kosmetik yang dibuat dari bahan-bahan alami dan tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh manusia. Menurut Hj. Yanti Kurnianti, Apt, MHKes. Pula (radarsukabumi.com), Yang termasuk bahan berbahaya yang dilarang ada dalam kosmetika adalah bahan yang bersifat karsinogenik (dapat menimbulkan kanker) seperti senyawa merkuri, zirkonium (dalam aerosol), kloroform, metilenklorida, propelan, hexaklorofen, rodamin B, Antimon dan derivatnya, asam retinoat dan garamnya (Tretinoin), raksa dan senyawanya. Berikut ini bahan-bahan yang sering disalahgunakan pada kosmetik: Merkuri, Hidrokuinon dan Asam Tretinoat.

Apa itu kosmetik halal dan alami?

Setelah kita mengetahui apa yang disebut dengan kosmetik, terus kita sudah tahu dengan apa yang disebut dengan kosmetik halal, dan kita mengetahui pula apa yang disebut dengan kosmetik alami, maka kita bisa menarik kesimpulan tentang apa yang disebut dengan kosmetik halal dan alami. Kosmetik halal dan alami adalah kosmetik yang tidak mengandung bahan yang diharamkan menurut Islam serta proses pembuatannya sesuai dengan hukum Islam, serta dibuat dari bahan-bahan alami dan tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh manusia.

Salah satu kosmetik halal dan alami yang merupakan produk asli anak Indonesia adalah Wafa skin care. Wafa skin care adalah kosmetik halal dan alami sehingga tidak berbahaya bagi tubuh manusia.

Daftar Pustaka:
radarsukabumi.com

Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di atas. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.